Wednesday, April 9, 2014

Database Management System

DBMS (Database Management System yakni perangkat lunak yang menangani semua pengaksesan database. Secara fungsi, Database Management System atau DBMS mempunyai fasilitas mengintegrasikan, terhubung, merekayasa dan memelihara basis data.

Menurut C. J. Date : DBMS (Database Management System adalah software yang menghandel semua akses pada database untuk melayani keperluan user. 

Menurut saya, DBMS merupakan kumpulan software-software untuk mengatur dan memproses database sehingga dapat memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Pada saat ini DBMS yang saya ketahui itu seperti : MySql, Oracle, Postgresql,Interbase/Firebird, IBM DB2 dan lain-lain.

Fungsi DBMS dalam suatu sistem bisa dikatakan sangat vital, bagaimana seluruh sistem menggantungkan kinerjanya pada sebuah DBMS. Jika suatu sistem sedang down, sebenarnya yang menjadi masalah bukan hanya web server atau server aplikasi itu saja, kebanyakan yang bermasalah adalah DBMS itu sendiri. Seorang DBA merupakan orang yang bertugas mengatur dan menjaga database melalui DBMS yang ia kuasai, hal ini termasuk normalisasi database, performance, dan keamanan database.

No comments:

Post a Comment