Thursday, April 17, 2014

Aspek-aspek dalam karya tulis ilmiah

Kualitas karya tulis ditentukan oleh beberapa aspek, yaitu :

A. Topik yang menarik
Topik adalah segala yang ingin dibahas. Ini berarti, penulis sudah memilih apa yang akan menjadi pokok pembicaraan dalam tulisan tersebut.  Artinya bahwa jika topik yang ditentukan sesuai dengan yang di inginkan penulis,penulis  akan termotivasi untuk mengarang dan  mudah untuk  di pahami, ditulis dan dibaca secara terus-menerus dengan mencari data-data yang relevan sedangkan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya.Penulis akan termotivasi agar dapat menyelesaikan tulisan itu sebaik-baiknya. Topik yang menarik bagi penulis akan meningkatkan kegairahan dalam mengembangkan penulisannya, dan bagi pembaca akan mengundang minat untuk membacanya , Suatu topik sama sekali tidak disenangi penulis akan menimbulkan kesalahan.Bila terdapat hambatan ,penulis tidak akan berusaha dengan maksimal untuk mengumpulkan data dan fakta yang akan digunakan untuk memecahkan masalah.

B. Mudah dipahami oleh pembaca
Selain menentukan topik yang menarik, penulis juga harus membuat kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca.  kualitas karya tulis baik tidaknya diterima oleh pembaca adalah karya tulis yang tidak berbelit-belit kata-katanya dan mudah dipahami oleh pembaca.
Kemenarikan suatu buku tidak saja dari isi materi yang disajikan tetapi juga sosok tampilan buku. Buku yang terlalu tebal, penuh dengan tulisan mungkin kurang menarik bagi kelompok  pembaca tertentu. Sebab itu sangat penting untuk mengetahui kepada siapa buku anda akan ditujukan. Buku bagi kelompok anak-anak, tentunya disajikan dengan sosok yang meriah, warna-warni, ceria sesuai dengan kehendak mereka.

No comments:

Post a Comment