Manajemen
proyek yang baik adalah cara mengelola dan mengorganisir berbagai aset, sumber
daya manusia, waktu serta kualitas pekerjaan proyek, sehingga proyek menghasilkan
kualitas yang maksimal dalam waktu yang sudah direncanakan serta memberikan
efek kesejahteraan bagi karyawan.
Manager
adalah orang atau seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam
organisasi yang berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi
memiliki ciri yang sesuai dengan tujuan (goals) dan teknologi (technology). Dan
tugas seorang manager adalah bagaimana mengintegrasikan berbagai macam variabel
(karakteristik, budaya, pendidikan dan lain sebagainya) kedalam suatu tujuan
organisasi yang sama dengan cara melakukan mekanisme penyesuaian.
Proyek
merupakan gabungan seperti sumber daya manusia, material, machine dan
modal/biaya dalam suatu wadah organisasi sementara untuk mencapai tujuan dalam
sasaran dan tujuan. Sifat dari suatu proyek adalah bersifat sementara dan dalam
kurun waktu yang dibatasi. Suatu proyek biasanya terjadi karena suatu keperluan
yang mendesak karena tuntutan pengembangan dari suatu lokasi tertentu.
Seorang manager proyek merupakan seorang
professional dalam bidang manajemen proyek. Manajer proyek memiliki tanggung
jawab untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan dan penutupan sebuah proyek yang
biasanya berkaitan dengan bidang industri kontruksi, arsitektur, telekomunikasi
dan informasi teknologi. Untuk menghasilkan kinerja yang baik, sebuah proyek
harus dimanage dengan baik oleh manajer proyek yang berkualitas baik serta
memiliki kompetensi yang disyaratkan. Lalu apa saja kompetensi yang dimaksud?
Seorang manajer proyek yang baik harus memiliki
kompetensi yang mencakup unsur ilmu pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill)
dan sikap (attitude). Ketiga unsur ini merupakan salah satu faktor penting
dalam menentukan keberhasilan proyek. Sebuah proyek akan dinyatakan berhasil
apabila proyek dapat diselesaikan sesuai dengan waktu, ruang lingkup dan biaya
yang telah direncanakan.
Manajer
proyek merupakan individu yang paling menentukan
keberhasilan atau kegalan proyek. Karena dalam hal ini manajer proyek adalah
orang yang memegang peranan penting dalam mengintegrasikan, mengkoordinasikan
semua sumber daya yang dimiliki dan bertanggung jawab sepenuhnya atas
kenberhasilan dalam pencapaian sasaran proyek.
Untuk menjadi manajer proyek yang baik, terdapat 9
ilmu yang harus dikuasai.
Adapun ke sembilan ilmu yang dimaksud antara lain :
1. Manajemen Ruang Lingkup
2. Manajemen Waktu
3. Manajemen Biaya
4. Manajemen Kualitas
5. Manajemen Sumber Daya Manusia
6. Manajemen Pengadaan
7. Manajemen Komunikasi
8. Manajemen Resiko
9. Manajemen Integrasi
Setidaknya, ada 3 (tiga) karakteristik yang dapat
digunakan untuk mengukur tingkat kualifikasi seseorang untuk menjadi Manajer
Proyek yaitu:
• Karakter Pribadinya
• Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Proyek yang
Dikelola
• Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Tim yang
Dipimpin
Sumber:
No comments:
Post a Comment